Selasa, 01 Oktober 2013

Kupu - Kupu Raja (Butterfly Monarch)


Kupu-kupu Monarch bukanlah seperti kupu-kupu yang seperti anda kenal. Mereka memiliki kekuatan super dan mengagumkan.  Kupu-kupu yang dikenal dengan kupu-kupu raja ini dapat terbang diatas diatas ketinggian ribuan kaki dan bahkan pernah terlihat dari jendela pesawat terbang diudara. Kupu-kupu ini kerap melakukan perjalanan antara 1.200 dan 2.800 mil (4.800 kilometer).

Migrasi jarak jauh adalah ciri khas dari kupu-kupu Monarch. Setiap musim semi, ribuan kupu-kupu bersayap lebar ini terbang ke barat menuju California dan Mexico. Sedangkan pada musim panas, kupu-kupu Monarch berekspedisi sejauh 4828 kilometer melalui AS dan Kanada.


Bagaimana seekor kupu-kupu dengan sayap yang kecil seperti itu dapat terbang sangat tinggi dan menempuh perjalanan yang jauh ? itulah kekuatan super yang mereka miliki.

Hingga kini, kekompakan kupu-kupu Monarch dalam bermigrasi masih menjadi misteri bagi kaum ilmuwan.

Kupu-kupu raja dilahirkan untuk terbang, dan tahu bahwa cuaca berubah dan mereka harus mempersiapkan diri untuk perjalanan panjang mereka.





kupu-kupu Monarch melalui empat generasi setiap tahun. Tiga generasi pertama menetas dari tempat kepompong mereka ( juga dikenal sebagai pupa) dan hidup sampai enam minggu , tetapi generasi keempat terus hidup hingga enam atau delapan bulan sehingga mereka dapat bermigrasi ke lebih hangat iklim, hibernasi dan kemudian mulai generasi baru pertama di musim semi.


Betina kupu-kupu raja memiliki beberapa ratus telur untuk diretaskan selama hidup singkat mereka dalam waktu musim semi. larva kupu-kupu Monarch makan milkweed. namun tanaman milkweed ditebang untuk membuat jalan dan rumah-rumah saat ini dan populasi kupu-kupu raja mengalami penurunan akibat ini.  Konservasionis bekerja keras untuk membawa kembali milkweeds sehingga kupu-kupu Monarch memiliki tempat untuk hidup dan tumbuh .


Kebanyakan orang berpikir bahwa kupu-kupu Monarch hanya memiliki dua tahap kehidupan , kepompong dan kupu-kupu tahap . Tapi kupu-kupu monarch benar-benar pergi melalui empat tahap dalam siklus hidup mereka . Mereka mulai keluar sebagai telur , kemudian menetas menjadi larva ( ulat ) , dan kemudian membungkus dalam kepompong , dan kemudian mereka pergi melalui metamorfosis menjadi kupu-kupu saat mereka berada dalam kepompong . Anda dapat melihat diagram siklus hidup raja bahwa Anda dapat warna di sini .

Setelah kupu-kupu raja
dewasa ( setelah metamorfosis menjadi kupu-kupu dewasa penuh ) mereka  memakan nektar dari bunga ,tidak hanya tanaman milkweed . Hanya ulat membutuhkan tanaman milkweed untuk hidup .

Dibeberapa kota, bahkan diadakan festival kupu-kupu Monarch yang menjadi tanda memasuki musim semi atau menyambut kedatangan mereka.




Hanya kupu-kupu raja yang lahir di akhir musim panas atau awal musim gugur yang membuat migrasi, dan mereka membuat hanya satu round trip. Pada saat migrasi musim dingin tahun depan dimulai, beberapa generasi musim panas yang hidup akan mati dan itu berarti cucu nya yang akan melakukan perjalanan kembali. Namun entah bagaimana generasi baru ini mengetahui jalan, dan mengikuti rute yang sama nenek moyang mereka ambil, bakan kadang mereka kembali ke pohon yang sama.